Evaluasi faktor hambatan samping pada penentuan kapasitas jalan studi kasus: jalan Gajah Mada Jakarta

Jasir, Jamdani Muafa (2021) Evaluasi faktor hambatan samping pada penentuan kapasitas jalan studi kasus: jalan Gajah Mada Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_Cover.pdf

Download (849kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_Tanda Pengesahan.pdf

Download (869kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_Lembar Pernyataan.pdf

Download (971kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_Kata Pengantar.pdf

Download (868kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_Abstrak.pdf

Download (870kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_Daftar Isi.pdf

Download (932kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_Daftar Pustaka.pdf

Download (867kB)
[img] Text
325150205_Jamdani Muafa Jasir_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)

Abstract

Hambatan samping berpengaruh besar terhadap kapasitas dan kinerja jalan pada suatu wilayah perkotaan seperti pejalan kaki, penyebrang jalan, PKL (Pedagang Kaki Lima), kendaraan bergerak lambat (sepeda, becak, kereta kuda), kendaraan berhenti sembarangan (angkutan kota, bus dalam kota), parkir di bahu jalan (on street parking), dan kendaraan keluar-masuk pada aktivitas guna lahan sisi jalan. Penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Lokasi penelitian ini berada di jalan Gajah Mada Jakarta dikarenakan jalan Gajah Mada terletak di daerah komersial dan banyak terdapat pusat perbelanjaan serta perkantoran sehingga kemungkinan besar akan banyak hambatan samping yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei hambatan samping dan verifikasi data dari penelitian sebelumnya. Data primer yang diperoleh yaitu jumlah hambatan samping, kecepatan rata-rata, volume, dan kapasitas. Data-data tersebut diolah dengan menggunakan rumus kapasitas untuk mendapatkan nilai FCsf tertinggi dari masing-masing arah di jalan Gajah Mada. Dari hasil pengolahan data, diperoleh nilai FCsf terrtinggi untuk jalan Gajah Mada yaitu sebesar 1.1413 pada waktu sore hari.. Dilakukan juga kuesioner yang disebarkan melalui Google Form kepada 100 responden. Kuesioner itu diolah untuk mendapatkan pendapat dari responden tentang hambatan samping yang sangat mengganggu berdasarkan dua pengaruh hambatan samping terbesar yaitu, kendaraan parkir atau berhenti dan akses keluar-masuk sisi jalan baik dari kondisi macet maupun tidak macet. Dari hasil analisis yang didapat terdapat perbedaan urutan hambatan samping antara Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dengan analisis observasi langsung dan analisis hasil kuesioner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Samping, MKJI, Kapasitas, Jalan Gajah Mada
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 12 Aug 2021 09:31
Last Modified: 12 Aug 2021 09:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32213

Actions (login required)

View Item View Item