Evaluasi faktor hambatan samping pada penentuan kapasitas jalan studi kasus: jalan Gatot Subroto

Faisal, Muhamad (2021) Evaluasi faktor hambatan samping pada penentuan kapasitas jalan studi kasus: jalan Gatot Subroto. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_Lembar Pengesahan.pdf

Download (43kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_Lembar Pernyataan.pdf

Download (145kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_Kata Pengantar.pdf

Download (91kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_Daftar Isi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
325160189_MuhamaD Faisal_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_Daftar Pustaka.pdf

Download (35kB)
[img] Text
325160189_Muhamad Faisal_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

Kepadatan sering terjadi di DKI Jakarta khususnya di Jalan Gatot Subroto. Lokasi ini merupakan salah satu pusat bisnis terbesar di Jakarta. Aktivitas di sisi jalan dapat menghambat arus lalu lintas yang disebut dengan hambatan samping. Hambatan samping merupakan dampak terhadap kinerja lalu lintas yang dihasilkan dari aktivitas segmen jalan. Selain itu, kapasitas jalan juga berpengaruh. Hal ini terjadi karena kapasitas jalan yang tersedia sudah tidam mampu untuk menampung arus lalu lintas yang semakin tertambah kepadatannya. Oleh karena itu akan dilakukan penelitian mengenai pengaruh hambatan samping pada kinerja lalu lintas di Jalan Gatot Subroto. Untuk menghitung kapasitas jalan, dilakukan observasi untuk melihat jumlah kendaraan. Selain itu, dibutuhkan persepsi hambatan samping dengan menggunakan data kuesioner. Data kuesioner terkumpul sebanyak 100 responden. Maka, hasil menujukan bahwa ruas Jalan Gatot Subroto berada di kelas hambatan samping VL (Very Low) terjadi di waktu pagi hari sedangkan kelas hambatan samping L (Low) terjadi di waktu siang dan sore hari. Hasil dari estimasi faktor hambatan samping data menunjukan bahwa volume lebih besar daripada kapasitas jalan. Korelasi anatra data observasi dengan hasil kuesioner menunjukan bahwa kendaraan parker atau berhenti di sisi jalan dan kendaraan dari akses sisi jalan memiliki urutan bobot yang berurutan sedangkan untuk pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor memiliki bobot yang tidak berurutan. Penelitian selanjutnya, diharapkan dapat memperluas kuesioner supaya lebih beragam dan mendapatkan hasil yang lebih tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Samping, Jalan Gatot Subroto, Kapasitas Jalan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:14
Last Modified: 13 Aug 2021 07:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32225

Actions (login required)

View Item View Item