Peningkatan interaktifitas penataan benda koleksi museum Nasional Indonesia gedung a (gajah)

Wibisono, Brian (2021) Peningkatan interaktifitas penataan benda koleksi museum Nasional Indonesia gedung a (gajah). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
317191005_BRIAN_Cover.pdf

Download (222kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Lembar Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (212kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Pernyataan Perbaikan.pdf

Download (224kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Kata Pengantar.pdf

Download (217kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Abstrak.pdf

Download (214kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Daftar Pustaka.pdf

Download (461kB)
[img] Text
317191005_BRIAN_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Salah satu museum terbaik di Jakarta adalah Museum Nasional Indonesia atau lebih dikenal dengan museum Gajah. Penataan benda yang dipamerkan banyak yang tidak bisa dinikmati pengunjung secara visual. Beberapa teori mengatakan bahwa penyajian koleksi bisa menggunakan banyak teknik, mulai dari teknik display atau penataan konvensional (pengunjung hanya melihat) terhadap benda tersebut. Membahas interaktifitas, tentu ada banyak sekali medianya yang dapat diterapkan pada museum. Hal ini merupakan tantangan terbesar dalam melakukan penataan yang lebih menarik perhatian pengunjung. Penerapan interaktifitas pada museum sendiripun bermacam-macam dan disesuaikan dengan zamannya. Benda yang dipamerkan dengan tujuan untuk dapat menarik pengunjung berinteraksi dengan benda koleksi tersebut. Metode yang digunakan dalam menjawab permasalahan ini adalah dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan cara melakukan mengadakan wawancara dengan pihak museum secara online. Kemudian data-data denah layout, daftar benda koleksi, serta foto-foto koleksi didapat dari pihak museum sebagai data komparasi dilakukan googling pada museum yang lain. Data yang di pilih sebatas Gedung A (Gajah) karena adanya pertambahan benda koleksi dan adanya kegiatan tranfsormasi virtual dalam menyajikan cerita sejarah yang terkait dengan benda koleksi. Pengolahan data dilakukan dengan cara melakukan dengan membandingkan data yang ada dengan tambahan data dan dengan teori yang berhubungan dengan penataan interaktifitas antara benda dengan pengunjung sehingga didapatkan kesimpulan berupa penataan interaktifitas benda yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Display, Media Interaktif, Benda Koleksi, Komunikasi, Meningkatkan
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 20 Aug 2021 05:03
Last Modified: 20 Aug 2021 05:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32275

Actions (login required)

View Item View Item