Analisis ketersediaan jalur pejalan kaki kawasan Thamrin City berdasarkan konsep transit oriented development (TOD) (studi kasus : Thamrin City - Jl. Teluk Betung 1 sampai transithub BNI City)

Inderadi, Andi (2021) Analisis ketersediaan jalur pejalan kaki kawasan Thamrin City berdasarkan konsep transit oriented development (TOD) (studi kasus : Thamrin City - Jl. Teluk Betung 1 sampai transithub BNI City). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Cover.pdf

Download (0B)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Lembar pengesahan .pdf

Download (0B)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Lembar Pernyataan .pdf

Download (0B)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Kata Pengantar .pdf

Download (0B)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Abstrak .pdf

Download (0B)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Daftar Isi .pdf

Download (0B)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Bab 1 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Bab 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Bab 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Bab 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Bab 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Bab 6 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Daftar Pustaka .pdf

Download (0B)
[img] Text
317192009_Andi Inderadi_Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)

Abstract

Transit oriented development (TOD) merupakan kawasan campuran permukiman dan komersial dengan aksesibilitas tinggi terhadap angkutan umum massal, dengan stasiun angkutan umum massal dan terminal angkutan umum massal sebagai pusat kawasan. Kawasan Tanah Abang termasuk pengembangan kawasan TOD Dukuh Atas sebagai salah satu proyek TOD di jakarta, terletak di kawasan strategis yang didominasi oleh perumahan, apartemen, mall dan perkantoran. Dalam penelitian ini diambil kawasan Thamrin City yang menjadi salah satu Trade Center dikawasan terpadu TOD Dukuh Atas. Dipilihnya Thamrin City karena kawasan ini mempunyai potensi sebagai pusat kegiatan yang mengintegrasikan pergerakan pengguna moda transportasi dan pengembangan ruang di sekitar kawasan transit. Studi ini untuk mengetahui dan mengevaluasi ketersediaan jalur pedestrian di kawasan Thamrin City -Jl.Teluk Betung 1 sampai dengan Transithub BNI City berdasarkan Konsep TOD. Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan analisis untuk mengidentifikasi tingkat konektivitas jalur pedestrian di Kawasan Thamrin City Jakarta yaitu dilihat pada jarak dan waktu tempuh, dimensi pedestrian, kenyamanan, keamanan, kemudahan (walk) titik origin dan destination (transit) serta konektivitas pejalan kaki (connect). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Selanjutnya dilakukan dengan pengamatan serta pemetaan terhadap jalur pejalan kaki di area studi guna mengetahui tingkat konektivitas dari walkarea stasiun BNI City berdasarkan 4 prinsip dari ITDP yaitu walk, connect, transit, shift. Dari hasil pengamatan diperoleh kesimpulan ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan untuk mendukung walkability di kawasan Thamrin City dan rekomendasi agar ketersediaan jalur pejalan kaki di kawasan Thamrin City yang bebas hambatan, fasilitas bagi pejalan kaki berkebutuhan khusus bisa terpenuhi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: aksesibilitas, jalur Pejalan kaki, TOD, Transithub
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 20 Aug 2021 06:00
Last Modified: 20 Aug 2021 06:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32277

Actions (login required)

View Item View Item