Pengembangan karakteristik aerodinamika mobil irit Universitas Tarumanagara dengan menggunakan metode CFD (computional fluid dynamics)

Yorkie, Janssen Paolo (2021) Pengembangan karakteristik aerodinamika mobil irit Universitas Tarumanagara dengan menggunakan metode CFD (computional fluid dynamics). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Lembar Pengesahan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Lembar Pernyataan.pdf

Download (46kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Kata Pengantar.pdf

Download (104kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Daftar Isi.pdf

Download (38kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB)
[img] Text
515170040_Janssen Paolo Yorkie_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Mobil irit Universitas Tarumanagara merupakan rancangan mobil bertenaga listrik yang dibuat untuk mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk meningkatkan bakat dan kemajuan dalam pengembangan kendaraan bermotor agar pada akhirnya bisa tercapai emisi nol (net zero emission). Penilaian dalam kompetisi ini berupa keiritan bahan propulsi kendaraan, dimana kendaraan yang menggunakan bahan propulsi paling sedikit akan menjadi pemenangnya. Maka dari itu perlu dirancang bentuk kendaraan yang aerodinamis agar kendaraan lebih hemat bahan bakar. Penelitian tentang bentuk bodi mobil irit sudah dilakukan sebelumnya, dan didapatkan bodi 3 pada penelitian tersebut yang memiliki koefisien hambat paling rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan desain bodi 3 pada penelitian sebelumnya agar lebih aerodinamis. Dengan bantuan CFD Ansys Workbench R1 2021 Academic, analisis dapat dilakukan terhadap boundary condition. Perkembangan geometri model bodi dibuat 2, yaitu pemendekan bagian belakang bodi 3 dinamakan bodi 3a, dan pemanjangan bagian belakang bodi 3 yang dinamakan bodi 3b. Dasar dari pemendekan bagian belakang bodi 3 adalah pengurangan luas permukaan kendaraan, sedangkan pemanjangan bagian belakang didasari dari pembuatan sudut yang lebih landai dan diharapkan membuat aliran lebih sulit untuk memisah dari permukaan Mesh yang digunakan merupakan general medium smoothing mesh dengan nodes 42699 dan elements 234941 untuk bodi 3a, nodes 49535 dan elements 272509 untuk bodi 3b. Bilangan Reynolds pada kedua bodi adalah 328779,922; 657559,844; 986339,766; 1315117,69; 2956653,98. Hasil simulasi koefisien drag bodi 3b menurun sekitar 3,17% dibanding bodi 3. Koefisien drag bodi 3b didapat 0,0306 pada v=1,39 m/s; 0,1201 pada v=2,78 m/s; 0,2682 pada v=4,17 m/s; 0,4748 pada v=5,56 m/s; 2,3802 pada v=12,5 m/s, sehingga bodi 3b ini mampu membuat kendaraan mobil irit Universitas Tarumanagara lebih kompetitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mobil Irit, Geometri kendaraan, CFD, Shell Eco Marathon, Aerodinamika
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:57
Last Modified: 30 Aug 2021 03:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32331

Actions (login required)

View Item View Item