Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Cream Wajah Dokter Yang Tidak Mencantumkan Identitas Produk Di Kemasan (Contoh Kasus: Putusan Mahkamah Agung Nomor 2008 K/Pid.Sus/2016)

Irawan, Sally (2021) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Cream Wajah Dokter Yang Tidak Mencantumkan Identitas Produk Di Kemasan (Contoh Kasus: Putusan Mahkamah Agung Nomor 2008 K/Pid.Sus/2016). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pasal 4 ayat (3) berisikan bahwa konsumen berhak mendapatkan ha katas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa, namun semua itu belum tercapai sepenuhnya sebagaimana yang sering terjadi dalam pemberian obat maupun cream wajah oleh dokter di klinik-klinik kecantikan. Dimana kebanyakan klinik-klinik kecantikan memberikan obat atau cream wajah kepada Konsumen dengan tidak adanya penandaan atau informasi yang jelas mengenai suatu produk. Seperti dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 19 tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis Kosmetika pasal 5,6, dan 7 yang dimana memuat tentang penandaan label atau suatu informasi yang jelas dan benar terhadap suatu produk dalam kemasan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu normative. Untuk menunjang penelitian ini, Penulis menggunakan tipe penelitian studi kepustakaan, yang mengkaji beberapa dokumen yang menyangkut dengan penelitian. Metode yang digunakan ialah metode penelitian normatife dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan pendekatan kasus (case approach) . Dari hasil penelitian tersebut diatas, dapat dilihat kesimpulannya bahwa implementasi perlindungan hukum terhadap konsumen yang menderita kerugian akibat tidak adanya penandaan informasi yang jelas dalam suatu produk. Factor-faktor yang memengaruhi implementasi pencantumman label penandaan inforamsi ialah tidak adanya kepastian hukum yang mengatur mengenai pencantuman penandaan dalam cream Dokter (medic).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Perlindungan hukum, Perlindungan Konsumen, BPOM, Cream Dokter, BPOM.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, Perlindungan Konsumen, BPOM, Cream Dokter, BPOM
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:18
Last Modified: 01 Sep 2021 07:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32404

Actions (login required)

View Item View Item