PENGARUH PROFITABILITY, LEVERAGE, FIRM SIZE, SALES GROWTH, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR KONSUMSI YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2016-2018

Glennys, Fiona (2020) PENGARUH PROFITABILITY, LEVERAGE, FIRM SIZE, SALES GROWTH, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR KONSUMSI YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2016-2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FIONA GLENNYS- 125160275 JA.pdf

Download (696kB)

Abstract

This research was conducted to analyze the effect of profitability, leverage, firm size, sales growth, and firm age to earnings management on consumer goods industry companies listed in Indonesia Stock Exchange period 2016-2018. The technique used in this research for determining the research sample was purposive sampling. The number of research sample is 26 companies from 49 companies registered as consumer goods industry companies. This research was using quantitative approach. Data analysis method used in this research is multiple linear regression analysis. The result showed that in simultaneously profitability, leverage, firm size, sales growth, and firm age has a significant effect on earnings management. Meanwhile, the result of partial research shows that profitability has a positive and significant effect on earnings management. Leverage and sales growth has a negative and insignificant effect on earnings management. Firm age has a positive and significant effect on earnings management. Keywords: Earnings Management, Profitability, Leverage, Firm Size, Sales Growth, Firm Age Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitability, leverage, firm size, sales growth, dan firm age terhadap earnings management pada perusahaan sektor konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2016-2018. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 26 perusahaan dari 49 perusahaan yang terdaftar dalam sektor konsumsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis linear regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitability, leverage, firm size, sales growth, dan umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap earnings management. Sedangkan hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa profitability mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap earnings management. Leverage dan sales growth mempunyai pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap earnings management. Firm size mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap earnings management. Umur perusahaan mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap earnings management. Kata Kunci: Earnings Management, Profitability, Leverage, Firm Size, Sales Growth, Firm Age

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:12
Last Modified: 22 Jun 2023 03:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32528

Actions (login required)

View Item View Item