Analisis tingkat kepuasan pengguna terhadap fasilitas parkir mobil di Mal Taman Anggrek

Setyarini, Ni Luh Putu Shinta Eka and Prihatiningsih, Aniek and Wijaya, Jemy and Lienardy, Brenda Priscilia (2020) Analisis tingkat kepuasan pengguna terhadap fasilitas parkir mobil di Mal Taman Anggrek. In: PROSIDING : SERI SEMINAR NASIONAL (SERINA) 2020, UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah Universitas Tarumanagara, Jakarta, pp. 365-375. ISBN 978-623-92498-7-8

[img] Text
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP FASILITAS PARKIR MOBIL DI MAL TAMAN ANGGREK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Parkir merupakan hal penting yang mempengaruhi transportasi karena hampir semua perjalanan akan dimulai dan diakhiri di tempat parkir. Terutama di pusat perbelanjaan yang merupakan jenis pemanfaatan tata guna lahan yang menimbulkan tarikan pergerakan kendaraan. Dalam penulisan ini dimensi kepuasan pelanggan yang diukur adalah parameter fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Penelitian ini menggunakan metode IPA untuk mengukur persepsi pada tingkat kinerja dan harapan konsumen serta metode CSI untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan CSI diperoleh nilai CSI sebesar 71% (fisik), 75% (keandalan), 73% (daya tanggap), 75% (jaminan) dan 73% (empati) sehingga kelima dimensi berada pada rentang 66% - 80% yang menunjukan bahwa keseluruhan pelanggan sudah merasa puas terhadap kualitas fasilitas dan kinerja yang diberikan oleh pengelola parkir mobil di Mal Taman Anggrek. Meningkatkan kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan memperbaiki kinerja dari atribut-atribut yang ada. Hasil IPA dari masing-masing dimensi yang menunjukkan tingkat kesesuaian antara kinerja dan kepentingan untuk pengguna fasilitas parkir mobil diperoleh sebesar 86 (fisik), 93 (keandalan), 89 (daya tanggap), 88 (jaminan), dan 94 (empati). Hasil yang diperoleh kurang dari 100% maka tingkat kesesuaian kinerja secara keseluruhan dari pengguna jasa masih belum sesuai dengan harapan para pengguna.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Parkir, Kuesioner, Dimensi Kepuasan Pelanggan, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI)
Subjects: Proceeding
Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:28
Last Modified: 15 Sep 2021 04:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32581

Actions (login required)

View Item View Item