Perancangan visual media promosi acara pameran bertema kesetaraan gender dalam rangka pengajuan arsip kepada Memory of the World UNESCO

Fitrinafia, Khansa (2021) Perancangan visual media promosi acara pameran bertema kesetaraan gender dalam rangka pengajuan arsip kepada Memory of the World UNESCO. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625170036_Khansa Fitrinafia_Cover.pdf

Download (178kB)
[img] Text
625170036_Khansa Fitrinafia_Lembar Pengesahan.pdf

Download (184kB)
[img] Text
625170036_Khansa Fitrinafia_Lembar Pernyataan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
625170036_Khansa Fitrinafia_Abstrak.pdf

Download (306kB)

Abstract

Hingga saat ini tokoh wanita masih belum menduduki tempat yang seharusnya dalam kedudukan dalam sejarah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan data bahwa hanya 7,8% dari Pahlawan Nasional adalah wanita. Secara faktual, peranan wanita dalam sejarah Indonesia belum terekspos selayaknya. Banyak alasan yang melatarbelakangi keadaan tersebut. UNESCO sebagai salah satu organisasi internasional, saat ini memiliki proyek "Gender Equality" dalam salah satu program "Global Priorities" yang mendorong semua negara untuk mengajukan arsip atau naskah yang bertema gender untuk dipreservasi di World Heritage. Memory of the World UNESCO Indonesia bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk mepublikasi acara pameran "Refleksi Gender Dalam Arsip". Salah satu manfaat dari kegiatan ini adalah mempublikasi sekaligus mengedukasi masyarakat dengan menampilkan tokoh-tokoh perempuan Indonesia yang telah berjasa dalam perjuangan Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan ANRI dan khalayak sasaran, serta mendalami materi melalui berbagai buku, karya tulis, dan internet. Perancangan visual dilakukan bedasarkan data dan teori yang telah diperolehkan, serta menyesuaikan media promosi dengan selera khalayak sasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gender, Arsip, Pahlawan Indonesia, Pahlawan Perempuan, Promosi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:48
Last Modified: 22 Sep 2021 06:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32670

Actions (login required)

View Item View Item