Etika Iklan & Peradaban Sosial (Komodifikasi Masalah Sosial Dalam TVC Meikarta Dengan Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce Dalam TVC Meikarta)

Lani, Mei (2017) Etika Iklan & Peradaban Sosial (Komodifikasi Masalah Sosial Dalam TVC Meikarta Dengan Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce Dalam TVC Meikarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak manusia sudah hidup bermasyarakat, sejak itulah masalah sosial sudah berkutat di dalamnya, sehingga sulit ditemukan kondisi masyarakat yang ideal dan seluruh kehidupan sosial sesuai dengan harapan. Masalah sosial juga saat ini dapat dikemas untuk tujuan komersil guna mendapatkan keuntungan. Konten masalah sosial memang sangat menjanjikan karena menampilkan sebuah realitas sosial yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya komodifikasi masalah sosial dalam TVC Meikarta. Menurut Vincent Mosco (2009:127), komodifikasi sebagai proses mengubah barang dan jasa, termasuk komunikasi, yang dinilai karena kegunaannya, menjadi komoditas yang dinilai karena apa yang akan mereka berikan di pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena dapat menggambarkan suatu gejala sosial.Subjek penelitian adalah TVC Meikarta dan objek penelitian adalah komodifikasi masalah sosial, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Lippo Group sebagai kaum kapitalis mengkomodifikasi masalah sosial dalam TVC nya untuk mendapatkan keuntungan dengan membuat Iklan Meikarta dengan konten yang dramatis dengan maksud bahwa Meikarta adalah solusi yang tepat. Kata Kunci : Komodifikasi, Masalah Sosial, Semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:57
Last Modified: 12 Oct 2021 04:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32720

Actions (login required)

View Item View Item