Strategi Komunikasi penggiat Batik dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap batik tradisional

Jovita, Jovita (2017) Strategi Komunikasi penggiat Batik dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap batik tradisional. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri batik tradisional Indonesia ini sedang menghadapi permasalahan pelik yang cukup mempengaruh eksistensi batik di mata masyarakat. Hal ini mendorong para penggiat batik untuk terus mengupayakan berbagai cara sebagai upaya mengatasi permasalan tersebut. Penelitian ini akan membahas strategi komunikasi yang dilakukan para penggiat batik dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap batik tradisional. Teori yang digunakan konsep teori komunikasi persuasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara tidak terstruktur, studi kepustakaan, penelusuran data online, dan observasi. Subjek penelitian ini adalah Yayasan Batik Indonesia dan Museum Tekstil dengan Prof. Rahardi Ramelan, Tumbu Rahardi Ramelan, Ir. Doddy Soepardi H.A.R, Mayasari Sekarlaranti, Lila Cokronagoro, Sari Permana, Muh. Zaenudin. AMD.Sn, S.Hut sebagai key informan yang mewakili penggiat batik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk membangun kecintaan masyarkat terhadap batik tradisional, Yayasan Batik Indonesia dan Museum Tekstil melakukan berbagai upaya komunikasi persuasif yang diwujudkan dalam bentuk sosialisasi sebagai strategi komunikasi penggiat batik. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Batik, Perubahan Sosial Budaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:00
Last Modified: 19 Oct 2021 03:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32730

Actions (login required)

View Item View Item