Representasi Feminisme dalam film yang bermuatan reformasi sosial ( analisis naratif Gillespie tokoh Diana dan Salma dalam film di balik 98 )

Wanli, Wanli (2017) Representasi Feminisme dalam film yang bermuatan reformasi sosial ( analisis naratif Gillespie tokoh Diana dan Salma dalam film di balik 98 ). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perempuan di Indonesia di masa kini memang sudah sering dimasukkan ke dalam film nasional, namun masih jarang yang menjadikan perempuan sebagai tokoh utama dari sebuah film. Film yang merepresentasikan perempuan sebagai tokoh utama dalam perspektif Cultural Studies digunakan untuk melawan budaya dominan yang ada. Perempuan selalu menjadi nomor dua dirumahnya dan menuruti apa yang dikatakan oleh orangtuanya dibandingkan menolak di dalam kulturnya. Tetapi ada yang berbeda dari film ini. Berlatarbelakang situasi tahun 1998, Film Di Balik 98 karya Lukman Sardi mengantarkan kepada khalayak bahwa representasi tokoh perempuan sebagai perempuan kuat dengan identitas jamak dan keberanian serta ideologi yang tinggi untuk menegakkan keadilan lewat reformasi sosial. Tokoh-tokoh perempuan dalam film ini juga dapat menyuarakan pendapat dan pikirannya tetapi masih mengingat perannya sebagai seorang istri, ibu dan wanita karir dalam satu kesatuan yang utuh. Penelitian ini menggunakan metode analisis naratif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori feminisme posmoderen dan Cultural Studies, dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis naratif dalam struktur narasi yang dikemukakan oleh Gillespie. Keywords : representation, cultural studies, feminism, film, Narative analysis Gillespie

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:46
Last Modified: 19 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32733

Actions (login required)

View Item View Item