PENGARUH PROFITABILITY, STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2017

Wijaya, Randy (2018) PENGARUH PROFITABILITY, STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Randy Wijaya 125140349 JA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan bukti empiris terkait praktik perataan laba pada perusahaan di industry manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menguji pengaruh profitability, struktur kepemilikan¸ukuran perusahaan, dan corporate governance terhadap perataan laba. Sampel yang digunakan dalam penelitian diambil dari 54 data perusahaan dengan total sebesar 220 data dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan metode purposive sampling. Model yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah model regresi logistik. Menggunakan perhitungan indeks eckel ditemukan bahwa ada 10 perusahaan yang melakukan perataan laba dan 140 perusahaan yang tidak melakukan perataan laba. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitability, struktur kepemilikan, ukuran perusahaan dan komite audit tidak berpengaruh terhadap perataan laba, kualitas audit berpengaruh negatif terhadap perataan laba. Kata kunci: Income smoothing, perataan laba, profitability, struktur kepemilikan, kepemilikan institusional, ukuran Perusahaan, corporate governance, komite audit, kualitas audit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 05:22
Last Modified: 09 Feb 2022 07:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32802

Actions (login required)

View Item View Item