Komunikasi Antarpribadi Ibu dan Anak Remaja Mengenai Penggunaan Internet (Studi Kasus Pada Keluarga Beretnis Tionghoa di Jakarta)

Steven, Steven (2017) Komunikasi Antarpribadi Ibu dan Anak Remaja Mengenai Penggunaan Internet (Studi Kasus Pada Keluarga Beretnis Tionghoa di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi Antarpribadi yang ibu lakukan kepada anak dapat dilihat dari kebudayaan ibu tersebut. Kebudayaan dan pola asuh yang dialami ibu pada saat dahulu kala dapat mempengaruhi pola asuh dan komunikasi Antarpribadi dalam mendidik anaknya sekarang. Penelitian ini membahas komunikasi Antarpribadi ibu dan anak remaja mengenai penggunaan internet pada keluarga yang beretnis Tionghoa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan komunikasi Antarpribadi ibu dan anak remaja mengenai penggunaan internet pada keluarga yang beretnis Tionghoa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi Antarpribadi, teori remaja dan teori kebudayaan etnis Tionghoa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif data diperoleh melalui wawancara dengan tujuh narasumber, yaitu tiga informan ibu, tiga informan anak remaja, dan satu orang psikolog anak. Penulis mengumpulkan data berupa hasil wawancara dan melakukan observasi lapangan terhadap informan. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kebudayaan ibu (Tionghoa) dan pola pengasuhan ibu berkaitan erat dengan komunikasi Antarpribadi mengenai penggunaan internet. Nilai tegas yang diterapkan pada keluarga beretnis Tionghoa tetap diwariskan kepada anak, Pola pengasuhan zaman dulu yang keras dan kolot sudah tidak diterapkan oleh ibu karena dianggap tidak tepat. Karakteristik komunikasi Antarpribadi yang meliputi keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesamaan memiliki peran yang besar dalam proses penyampaian pesan mengenai penggunaan internet kepada anak, disaat komunikasi tersebut sudah berjalan, maka menimbulkan kepercayaan dan kebebasan kepada anak dengan tidak melupakan nilai ketegasan dalam budaya Tionghoa. Kata Kunci: Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Antar Orang Tua dan Anak, dan Kebudayaan Tionghoa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2021 05:51
Last Modified: 19 Oct 2021 05:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32842

Actions (login required)

View Item View Item