Pola Komunikasi Orang Tua dalam mendidik anak di keluarga Tionghoa (studi kasus pada keluarga tionghoa di kecamatan Tambora, Jakarta Barat)

Santoso, Hellen Gabrellia (2017) Pola Komunikasi Orang Tua dalam mendidik anak di keluarga Tionghoa (studi kasus pada keluarga tionghoa di kecamatan Tambora, Jakarta Barat). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pola komunikasi orang tua dalam mendidik anak laki-laki dan perempuan dalam hal pemilihan jodoh dan kedudukan wanita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola komunikasi keluarga dan teori komunikasi antar pribadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 15 narasumber (3 keluarga dan 1 orang ahli Budaya Tionghoa). Banyak peraturan dalam masyarakat Tionghoa. Dalam hal jodoh, menjadi pantangan apabila menikah dengan orang yang memiliki marga/she yang sama. Dalam ajaran Konfusius, wanita menduduki tingkatan dan posisi yang lebih rendah daripada laki-laki, hal tersebut dikarenakan anak laki-laki yang akan meneruskan marga keluarga. Oleh karena itu, ada stigma di masyarakat Tionghoa bahwa anak laki-laki lebih diutamakan dari anak perempuan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah dasarnya 3 keluarga menganut komunikasi pola konsensual. Pola komunikasi ini mengedepankan komunikasi terbuka. Namun, dalam hal jodoh, 2 keluarga menganut pola komunikasi otoriter, sedangkan 1 keluarga menganut pola komunikasi demokratis. Sedangkan dalam hal kedudukan wanita, 3 keluarga sama-sama menganut pola komunikasi demokratis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:51
Last Modified: 02 Nov 2021 02:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32861

Actions (login required)

View Item View Item