ANALISIS KOMUNIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA PADA IKLAN YOUTUBE BUKALAPAK VERSI BU LINDA

TIANATA, EILEEN MARTHA (2018) ANALISIS KOMUNIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA PADA IKLAN YOUTUBE BUKALAPAK VERSI BU LINDA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberagaman budaya di Indonesia merupakan sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaanya. Bisa dikatakan bahwa Indonesia adalah salah satu Negara dengan tingkat keanekaragaman budaya atau tingkat heterogenitasnya yang tinggi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan adanya keberagaman budaya melalui iklan youtube Bukalapak versi Bu Linda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keberagaman budaya. Keberagaman budaya yaitu gagasan-gagasan tradisional, yang diderivasi dan dipilih berdasarkan pengalaman sejarah, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya (sobirin 2009: 57). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif data diperoleh dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Penulis menggumpulkan data dengan cara menonton iklan tersebut secara berulang-ulang sehingga bisa menemukan keberagaman budaya. Dari hasil penelitian ini yang dilihat dari banyaknya keberagaman budaya yang ada di Indonesia dan dapat diketahui bahwa iklan ini mempunyai pesan yaitu untuk saling menghargai, menghormati dan menjaga keselarasan keberagaman budaya. Iklan ini mengingatkan kita untuk selalu menghargai dan hidup rukun degan keberagaman budaya tersebut. Kata Kunci : Makna, Keberagaman Budaya, Semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:52
Last Modified: 04 Nov 2021 03:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32885

Actions (login required)

View Item View Item