STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS GALERI NASIONAL INDONESIA (Studi Kasus pada Pameran Trienal Seni Patung #3 “SKALA”)

YUNITA, AGNES (2018) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS GALERI NASIONAL INDONESIA (Studi Kasus pada Pameran Trienal Seni Patung #3 “SKALA”). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Museum dianggap sebagai tempat yang menyeramkan, gelap dan sepisehingga kurangnya minat masyarakat untuk datang berkunjung. Hal tersebut membuat humas Galeri Nasional Indonesia melakukan perencanaan agar dapat menarik pengunjung untuk datang melalui special event yang akan diadakan berupa pameran. Pameran tersebut menjadi program utama karena diadakan setiap tiga tahunnya yaitu Pameran Trienal Seni Patung Indonesia #3 “SKALA”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Galeri Nasional Indonesia. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi, strategi komunikasi public relations, special event. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara melalui empat narasumber yaitu Kepala Seksi Pameran dan Kemitraan, humas bagian media sosial dan digital, humas bagian publikasi dan media massa, pengunjung yang kemudian akan dianalisis dengan sumber lain melalui studi kepustakaan dan diperkuat dengan adanya dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa perlunya strategi komunikasi yang dilakukan pada museum terutama Galeri Nasional Indonesia melalui pameran. Kata Kunci : Humas, Strategi Komunikasi PR, Special Event.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:35
Last Modified: 04 Nov 2021 04:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32890

Actions (login required)

View Item View Item