STRATEGI PUBLIC RELATIONS HOTEL DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PIHAK EKSTERNAL (STUDI KASUS PADA HOTEL SHANGRI-LA JAKARTA)

LUKITO, ERICK ANDREAN (2017) STRATEGI PUBLIC RELATIONS HOTEL DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PIHAK EKSTERNAL (STUDI KASUS PADA HOTEL SHANGRI-LA JAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hubungan yang terjalin dengan baik antara perusahaan dengan publiknya merupakan hal yang penting karena suatu hubungan dapat mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan perusahaan tersebut. Sebagai tambahan, hubungan baik dapat melahirkan berbagai keuntungan seperti kesaling pahaman, dukungan dan loyalitas. Peran seorang Public Relations sangatlah dibutuhkan dalam hal membangun hubungan antara suatu perusahaan dengan publiknya. Penelitian ini ingin mengetahui tentang bagaimana strategi Public Relations dalam membangun hubungan dengan pihak berkepentingan, secara khusus adalah pihak eksternal. Penulis mengambil objek penelitian di hotel Shangri-La Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti mewawancarai praktisi Public Relations hotel, konsumen hotel serta melakukan observasi dan studi kepustakaan terhadap hal yang berkaitan dengan penelitian. Teori yang digunakan adalah komunikasi organisasi dan dasar teoritis proses empat tahap strategi Public Relations oleh Cutlip, Center dan Broom yang terdiri dari fact finding, planning, communicating dan evaluating. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dalam membangun hubungan terdapat proses empat tahap Public Relations yang terbentuk dalam kegiatan Customer Relations, Media Relations, Community Relations dan Government Relations serta memperlihatkan bentuk hubungan hotel dengan pihak eksternal. Kata kunci: Strategi Public Relations, Hotel, Hubungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:57
Last Modified: 09 Nov 2021 04:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32935

Actions (login required)

View Item View Item