Framing Dan Komodifikasi Isu Kedekatan Ayu Ting Ting Dengan Raffi Ahmad Oleh Tribunnews.com Dan Detik.com

Rahmawati, Silvia (2017) Framing Dan Komodifikasi Isu Kedekatan Ayu Ting Ting Dengan Raffi Ahmad Oleh Tribunnews.com Dan Detik.com. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberitaan mengenai isu kedekatan Ayu Ting Ting dengan Raffi Ahmad marak diberitakan oleh berbagai media, baik media konvensional dan media baru. Media yang gencar dalam melakukan pemberitaan adalah Tribunnews.com dan Detik.com. Penelitian ini menganalisis bagaimana Tribunnews.com dan Detik.com membingkai isu tersebut dan bagaimana teori Komodifikasi diterapkan dalam kedua media tersebut terkait pemberitaan Ayu Ting Ting dengan Raffi Ahmad. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deksriptif. Pendekatan yang digunakan analisis framing Robert N. Entman dan teori yang digunakan adalah teori Komodifikasi. Analisis Framing Robert N. Entman dengan empat tahap yaitu Define Problems (Pendefinisian Masalah), Diagnose Cause (Perkiraan Sumber Masalah), Moral Judgement (Keputusan Moral) dan Treatment Recomendation (Penyelesaian Masalah). Sedangkan Komodifikasi adalah proses mengubah barang dan jasa, termasuk komunikasi, yang dinilai karena kegunaannya, menjadi komoditas yang dinilai karena apa yang akan mereka berikan di pasar. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Tribunnews.com lebih menyudutkan dan menggiring opini publik terhadap pemberitaan Ayu Ting Ting dengan Raffi Ahmad dibandingkan Detik.com. Dan Komodifikasi pemberitaan di Tribunnews.com lebih terlihat jelas daripada dalam pemberitaan di Detik.com. Kata Kunci: Analisis Framing, Komodifikasi Media, Media Baru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 11 Nov 2021 05:47
Last Modified: 11 Nov 2021 05:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32975

Actions (login required)

View Item View Item