PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITY TERHADAP FIRM VALUE DENGAN EARNINGS MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MODERASI

SEPTIANI, LISA (2020) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITY TERHADAP FIRM VALUE DENGAN EARNINGS MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
LISA SEPTIANI 125160242 JA.pdf

Download (418kB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of CSR disclosure and profitability on Firm Value with Earnings Management as a moderating variable on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2018. This study uses 65 samples of manufacturing companies that are determined by using purposive sampling. This research data was calculated with Microsoft Excel 2016 software and processed with Eviews 10 . The results showed that CSR has a negative and not significant effect on Firm Value, Profitability has a negative and significant effect on Firm Value, Earnings Management has no significant effect in moderating the relationship of CSR to Firm Value, and Earnings Management strengthened the relationship between Profitability and Firm Value. Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Profitability, Firm Value, Earnings Management Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pengungkapan CSR dan Profitability terhadap Firm Value dengan Earnings Management sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Penelitian ini menggunakan 65 sampel perusahaan manufaktur yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Data penelitian ini dihitung dengan software Microsoft Excel 2016 dan diolah dengan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan CSR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Firm Value, Profitability berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Firm Value, Earnings Management tidak berpengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan CSR terhadap Firm Value, dan Earnings Management memperkuat hubungan antara Profitability dengan Firm Value. Kata kunci: Corporate Sosial Responsibility. Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Manajemen Laba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:34
Last Modified: 15 Nov 2021 03:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33011

Actions (login required)

View Item View Item