PENGARUH PROFITABILITY DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2018 DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

OCTAVIANI, SHIERLY (2020) PENGARUH PROFITABILITY DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2018 DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
SHIERLY OCTAVIANI 125160075 JA.pdf

Download (588kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas dan tata kelola perusahaan yang meliputi komite audit dan komisaris independen terhadap nilai perusahaan dengan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel mediasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 228 data perusahaan manufaktur dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program EVIEWS versi 9. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, komite audit, dan komisaris independen memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan tanggung jawab sosial perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan tidak memediasi pengaruh profitabilitas, komite audit, dan komisaris independen terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, Komite Audit, Komisaris Independen, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Nilai Perusahaan The objective of this research is to obtain empirical evidence about the effect of profitability and corporate governance which include audit committee and independence commissioners on firm value with corporate social responsibility as mediating variable in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the year 2016 - 2018. This research uses secondary data. This research is conducted with a sample of 228 manufacturing company data with the technique used in this study is purposive sampling. The research data was processed using EVIEWS version 9. The results of this research show that profitability, audit committee, and independent commissioners has a significant effect on firm value, while corporate social responsibility do not have a significant effect on firm value and do not mediate the effect of profitability, audit committee, and independent commissioners on firm value. Keywords: Profitability, Audit Committee, Independent Commissioners, Corporate Social Responsibility, Firm Value

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2021 05:06
Last Modified: 15 Nov 2021 05:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33039

Actions (login required)

View Item View Item