PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DONATUR

Kusuma, Felicia (2017) PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DONATUR. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen daya tarik pesan iklan (X1) dan pemanfaatan media sosial (X2) terhadap variabel dependen tingkat kepercayaan donatur (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh followers instagram @shelterpakjohan yang berjumlah 4541 orang, dengan menggunakan bantuan rumus Slovin (nilai toleransi 10%), jumlah sampel didapatkan sebanyak 98 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana responden harus memenuhi beberapa kriteria antara lain aktif menggunakan instagram (minimal 3 kali seminggu) dan pernah memberikan donasi. Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner dan dihitung dengan skala likert. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, uji regresi linear, dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dari hasil uji validitas ini menunjukkan bahwa setiap indikator dinyatakan valid karena nilai Corrected Item-Total Correlation lebih dari r-tabel 0.265 melalui perhitungan SPSS. (2) ketiga variabel dalam penelitian ini terbukti reliabel karena memperlihatkan bahwa nilai Chronbach’s Alpha dari ketiga variabel adalah >0.70. (3) hasil R yang dihasilkan pada penelitian variabel Y1 ini adalah sebesar 0,731. Hasil dari koefisien determinasi (R Square) adalah sebesar 0,534. Artinya, variasi variabel kepercayaan donatur dapat dijelaskan oleh variabel daya tarik pesan iklan dan pemanfaatan media sosial sebesar 53,4%. (4) Berdasarkan uji-t dan uji-f maka ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Daya Tarik Pesan Iklan, Pemanfaatan Media Sosial, Kepercayaan, Donatur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:45
Last Modified: 18 Nov 2021 02:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33088

Actions (login required)

View Item View Item