BENTUK INTERAKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DAN ETNIS JAWA DI KAWASAN PETAK SEMBILAN

KURNIAWAN, KEVIN (2018) BENTUK INTERAKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DAN ETNIS JAWA DI KAWASAN PETAK SEMBILAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negera multikultural yang terdiri dari 1.300 suku bangsa sesuai dengan survei data BPS 2010, karena itu rentan akan konflik yang terjadi antaretnis. Untuk menghindari konflik antaretnis diperlukannya tingkat toleransi untuk menjaga kerukunan antaretnis. Petak Sembilan merupakan salah satu kawasan yang dapat memelihara kerukunan antaretnis karena memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Petak Sembilan merupakan kawasan yang mayoritas warganya beretnis Tionghoa, akan tetapi Petak Sembilan juga ramai dengan berbagai etnis selain Tionghoa seperti salah satunya adalah etnis Jawa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi antarbudaya, interaksi sosial oleh Gillin dan Gillin. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif studi kasus, dengan tujuan untuk mencari bentuk interaksi sosial sehingga kerukunan dapat terus terjalin dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil penelitian bahwa bentuk interaksi sosial yang dianut oleh warga Petak Sembilan, khususnya yang ber-etnis Tionghoa dan Jawa mengarah pada bentuk interaksi sosial proses asosiatif. Warga Petak Sembilan saling hidup rukun antarkelompok etnis walaupun adanya perbedaan-perbedaan nilai yang dianut oleh masing-masing etnis, akan tetapi karena tingginya tingkat toleransi menjadikan warga Petak Sembilan menjadi rukun satu sama lainnya. Kata Kunci: Petak Sembilan, Komunikasi Antarbudaya, Interaksi Sosial, Kerukunan Antaretnis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:35
Last Modified: 18 Nov 2021 04:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33098

Actions (login required)

View Item View Item