ELIZABETH, ELIZABETH (2018) KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN MURID MURID DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP STELLA MARIS,TELUK GONG, JAKARTA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Full text not available from this repository.Abstract
Komunikasi antarpribadi antara guru dan murid dapat terjadi kapan pun, terutama pada saat proses belajar di kelas. Guru menjelaskan materi pelajaran dan apabila ada murid yang tidak mengerti maka guru mencoba menjelaskan kembali pelajaran dengan nada suara yang keras agar terdengar jelas oleh murid di kelas. Penggunaan nada suara yang keras dan komunikasi non verbal membantu memperjelas pesan komunikasi antarpribadi didalam upaya membentuk kepercayaan diri siswa. Nada suara yang keras menginsyaratkan guru itu memiliki rasa percaya diri sehingga diharapkan dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Antarpibadi Guru Dan Murid Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa SMP Stella Maris, Teluk Gong, Jakarta Utara. Teori yang digunakan yakni Jendela Johari (konsep diri) untuk komunikasi antarpribadinya dan teori kepercayaan diri.Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Metode penelitian kualitatifdengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 3 guru sekolah, 2 orang tua murid, dan 2 murid SMP. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam. Teknik analisis data secara kualitatif dengan menggunakan Model Miles and Huberman. Hasil penelitian komunikasi antar pribadi guru dan murid di SMP Stella Maris dalam membentuk kepercayaan diri siswayakni guru menggunakan nada suara yang tegas didalam proses belajar di kelas, memberikan pujian kepada anak yang berprestasi, mendengarkan pendapat murid untuk membangkitkan rasa percaya diri dan keberanian, mengajarkan kepada anak-anaknya untuk terbuka dalam berkomunikasi, menyarankan anaknya untuk kegiatan ekstrakulikuler, dan meminta anak untuk memperhatikan guru saat di kelas. Pihak sekolah menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler sesuai hobi, memperhatikan guru mengajar di kelas, tidak memotong pembicaraan kepada guru maupun teman di sekolah, dan bergaul dengan teman di sekolah. Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Kepercayaan Diri, Peran Guru, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 02:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:49 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |