PERSONAL BRANDING DONALD TRUMP DAN HILLARY CLINTON DALAM KAMPANYE PEMILU PRESIDEN AMERIKA SERIKAT TAHUN 2016

JAYA, ILHAM ANG (2017) PERSONAL BRANDING DONALD TRUMP DAN HILLARY CLINTON DALAM KAMPANYE PEMILU PRESIDEN AMERIKA SERIKAT TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai personal branding yang dibentuk oleh Donald Trump dan Hillary Clinton dalam pemilu Presiden Amerika Serikat tahun 2016. Landasan teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori personal branding politik (Salamah, 2015) dan lima dimensi brand personality (Aaker, 1997). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penulis mengumpulkan data berupa tiga debat calon presiden yang mempertemukan Donald Trump dan Hillary Clinton, serta satu debat calon wakil presiden yang mempertemukan Mike Pence dan Tim Kaine. Seluruh debat ini selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman. Hasil analisis framing ini menemukan bahwa Donald Trump membangun personal branding dengan tipe ruggedness yang mengutamakan kekuatan, ketegasan, dan maskulinitas sebagai political outsider. Sementara itu, Hillary Clinton membentuk personal branding dengan tipe competence yang menekankan pada pengalaman dan pengetahuannya sebagai politikus berpengalaman. Kata Kunci : Donald Trump, Hillary Clinton, Pemilu Presiden Amerika Serikat 2016, personal branding

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:35
Last Modified: 30 Nov 2021 04:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33129

Actions (login required)

View Item View Item