PENGARUH EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP PERGAULAN BEBAS ANAK (STUDI PADA ANAK YANG TINGGAL JARAK JAUH DARI ORANG TUA)

ERIKA, IVANI (2017) PENGARUH EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP PERGAULAN BEBAS ANAK (STUDI PADA ANAK YANG TINGGAL JARAK JAUH DARI ORANG TUA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai efektivitas komunikasi antar pribadi orang tua dengan anak terhadap pergaulan bebas anak (studi pada anak yang tinggal jarak jauh dari orang tua). Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antar pribadi dengan menguji masing-masing ciri-ciri komunikasi antar pribadi yang efektif sebagai dimensi untuk mencegah pergaulan bebas anak, dimensinya yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dam kesetaraan. Dalam penelitian ini menggunakan jumlah sampel 100 dengan bantuan teknik sampling kuota. Data dikumpulkan dengan menyebar kuisoner dengan skala likert. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Metode analisis yang di gunakan adalah uji koefisien kolerasi, uji koefisien determinasi, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: adanya pengaruh antara efektivitas komunikasi antar pribadi terhadap pergaulan bebas anak. Dimensi komunikasi antar pribadi yang paling menentukan dalam mempengaruhi pergaulan bebas anak adalah dimensi empati. Dengan demikian, dalam membangun komunikasi antar pribadi, orang perlu memberikan empati yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:02
Last Modified: 07 Dec 2021 04:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33132

Actions (login required)

View Item View Item