REPRESENTASI IDENTITAS ETNIS TIONGHOA-INDONESIA DALAM VIDEO KLIP ‘TIPIKAL CHINESE INDONESIA’ (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

CHAYLIS, CHRISWIRA (2017) REPRESENTASI IDENTITAS ETNIS TIONGHOA-INDONESIA DALAM VIDEO KLIP ‘TIPIKAL CHINESE INDONESIA’ (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas dan berfokus pada topik tentang identitas etnis Tionghoa-Indonesia yang terdapat pada video klip ‘Tipikal Chinese Indonesia’. Video klip ini merupakan sebuah hasil karya dari LastDay Production (LDP). LDP merupakan sebuah channel yang ada di YouTube dan aktif beroperasi di Indonesia. Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes sebagai teknik penelitiannya. Berdasarkan hasil analisis penelitian mengenai identitas etnis Tionghoa-Indonesia, membawa peneliti kepada bagaimana sejarah awal-awalnya identitas orang-orang Tionghoa di Indonesia hingga dalam konteks masa kini, yang juga membawa peneliti kepada referensi lainnya juga. Beberapa contoh identitas yang terkuak mengenai orang-orang Tionghoa yang terdapat dalam video antara lain sebagai golongan yang superior dalam hal perekonomian, golongan yang eksklusif, dan golongan yang terdiskriminasi dalam ciri-ciri fisik. Identitas-identitas itu juga menimbulkan beberapa stereotip etnis Tionghoa yang bersifat negatif seperti pelit, licik, tidak mau membaur, dan sifat-sifat negatif lainnya. Topik seperti inilah yang membuat penelitian ini menjadi menarik untuk diteliti. KATA KUNCI:Representasi, Identitas, Tionghoa-Indonesia, Semiotika Roland Barthes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:09
Last Modified: 07 Dec 2021 04:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33146

Actions (login required)

View Item View Item