ANALISIS KOMUNIKASI INTERNAL PT. PELAYARAN NASIONAL BAHTERA BESTARI SHIPPING DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIJAKAN PERUSAHAAN KEPADA KARYAWAN

Ping, Ping (2018) ANALISIS KOMUNIKASI INTERNAL PT. PELAYARAN NASIONAL BAHTERA BESTARI SHIPPING DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIJAKAN PERUSAHAAN KEPADA KARYAWAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi internal dinilai penting didalam suatu organisasi perusahaan. Tanpa adanya komunikasi maka akan terjadi kekacauan di dalam organisasi, karena apa yang diinginkan perusahaan tidak dapat dimengerti oleh karyawan. Bahkan kebijakan yang dibuat perusahaan pun yang telah dikomunikasikan belum tentu dapat diterima dengan baik oleh karyawan. Oleh karena itu, perlu penyampaian komunikasi yang efektif didalam mensosialisasikan kebijakan supaya dapat diterima dengan baik oleh karyawan. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas – aktivitas komunikasi yang dijalankan PT. Pelayaran Nasional Bahtera Bestari Shipping dalam sosialisasi kebijakan perusahaan kepada karyawan. Penelitian menggunakan teori komunikasi internal dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yakni komunikasi Internal yang berlangsung di PT. Pelayaran Nasional Bahtera Bestari Shipping hampir secara keseluruhan alur komunikasinya mengalir secara vertikal. Proses merumuskan kebijakan perusahaan dilakukan oleh Direktur yang mendapat pengawasan langsung dari Komisaris. Hasil kebijakan perusahaan disosialisasikan kepada seluruh pimpinan departemen seperti Kepala Cabang, Kepala Operasional dan seluruh karyawan terkait dengan tugas pekerjaan dan target pekerjaan yang harus dicapai oleh seluruh karyawan. Sosialisasi kebijakan perusahaan kepada karyawan di atas kapal dilakukan melalui rapat operasional. Kata Kunci: Komunikasi Internal, Komunikasi Organisasi, Sosialisasi, Kebijakan, Public Relations.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 07 Dec 2021 06:12
Last Modified: 07 Dec 2021 06:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33160

Actions (login required)

View Item View Item