“ANALISIS FRAMING TERHADAP PEMBERITAAN SOSOK BASUKI TJAHAJA PURNAMA (AHOK) DALAM PILKADA DKI 2017 DI MEDIA BERITA ONLINE KOMPAS.COM DAN OKEZONE.COM”

SUMIATY, YULIA (2017) “ANALISIS FRAMING TERHADAP PEMBERITAAN SOSOK BASUKI TJAHAJA PURNAMA (AHOK) DALAM PILKADA DKI 2017 DI MEDIA BERITA ONLINE KOMPAS.COM DAN OKEZONE.COM”. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana framing pemberitaan yang dilakukan oleh dua media berita online yang berbeda, yakni Kompas.com dan Okezone.com dalam memberitakan sosok Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ketikadalam Pilkada DKI 2017. Dalam penelitian ini penulis akan menganalisis framing berita yang dilakukan oleh kedua media berita online tersebut dengan menggunakan metode analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki, yang terdiri dari 4 struktur, yaitu: Sintaksis (lead yang dipakai, latar, headline, kutipan yang diambil), Skrip (bagaimana wartawan mengisahkan atau menceritakan peristiwa ke dalam bentuk berita), Tematik (bagaimana wartawan mengungkapkan pandangannya atas peristiwa ke dalam proposisi, kalimat atau hubungan antarkalimat yang membentuk teks secara keseluruhan), dan Retoris (bagaimana wartawan memakai pilihan kata, idiom, graphic, dan gambar yang dipakai bukan hanya mendukung tulisan, melainkan juga menekankan arti tertentu kepada pembaca). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kompas.com dapat dikatakan cendrung mendukung Ahok namun dalam isi pemberitaan media tersebut tetap rasional, sedangkan Okezone.com terlihat secara terang-terangan menunjukan adanya dukungan kepada salah satu pasangan yang merupakan usungan dari pemilik media itu sendiri. Kata Kunci : Analisis Framing Zhongpan dan Gerald M. Kosicki, Basuki Tjahaja Purnama, Pilkada DKI 2017, Kompas.com dan Okezone.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:45
Last Modified: 14 Dec 2021 04:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33173

Actions (login required)

View Item View Item