“ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN INDOMIE VERSI SABANG SAMPAI MERAUKE”

TORENTIKA, STEFFI (2017) “ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN INDOMIE VERSI SABANG SAMPAI MERAUKE”. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan yang ketat dalam dunia periklanan, maka dari itu, dibutuhkan berbagai strategi dan ide kreatif untuk meraih simpati dan loyalitas dari konsumen. Tim kreatif suatu perusahaan iklan biasanya akan menggunakan strategi tertentu dalam eksekusi kreatif. Salah satu strategi untuk menciptakan iklan menarik adalah melalui pendekatan budaya. Masalah yang muncul yaitu kurangnya pemahaman suatu masyarakat dengan budaya berbeda terhadap unsur/ simbol budaya asing lainnya yang berakibat pada makna yang dimaksud dalam iklan tidak dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Untuk dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dibalik pesan iklan NutriSari Cucumber Lime versi Yin dan Yang. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan adalah metode semiotika/ analisis teks dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah iklan Nutrisari Cucumber Lime versi Yin dan Yang. Objek penelitian ini adalah simbol-simbol budaya berupa komunikasi nonverbal dalam iklan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan mengonsumsi NutriSari Cucumber Lime maka dapat melengkapi kebutuhan tubuh akan keseimbangan dua energi berlawanan dalam tubuh yaitu energi Yin dan Yang. Kata kunci: Semiotika Roland Barthes, Makna Denotasi, Makna Konotasi, Mitos, Simbol-simbol Budaya, Komunikasi Nonverbal, dan Yin dan Yang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:52
Last Modified: 16 Dec 2021 02:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33189

Actions (login required)

View Item View Item