Pengembangan Keahlian Pengelolaan Bisnis Melalui Pelatihan Kewirausahaan. (Kasus pada UMKM Komunitas Usaha Batik Desa Cangkol, Sukoharjo)

Chairy, Chairy and Tunjungsari, Hetty Karunia and Ie, Mei (2013) Pengembangan Keahlian Pengelolaan Bisnis Melalui Pelatihan Kewirausahaan. (Kasus pada UMKM Komunitas Usaha Batik Desa Cangkol, Sukoharjo). Karya Ilmiah Dosen. ISSN 978-602-70050-0-6

[img] Text
2314-5000-1-SM.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh tim dari universitas tarumanagara pada bulan oktober- november 2012 di UMKM kelompok usaha batik desa cangkol, sukoharjo ini dilatar belakangi oleh besarnya potensi pengembangan usaha batik sebagai produk khas asli indonesia. selain telah ditetapkan sebagai warisan budaya bangsa indonesia, batik saat ini juga menjadi trend di dunia fashion, mayoritas batik yang kita temui saat ini merupakan hasil produksi dari UMKM yang tersebar di berbagai daerah di indonesia. meskipun batik banyak di produksi oleh UMKM, namun sangat sedikit UMKM di indonesia ini yang mampu berkembang menjadi industri skala besar. hal ini disebabkan salah satunya oleh kurangnya kemampuan pengelolaan bisnis secara profesional dari para pelaku UMKM tersebut. menyikapi adanya kondisi ini, tim pengabdian kepada masyarakat universitas tarumanagara kemudian menyusun sebuah program pelatihan kewirausahaan, dengan tujuan untuk dapat lebih meningkatkan pemahaman pengelolaan bisnis para pelaku UMKM, khususnya dikelompok usaha batik desa cangkol, sukoharjo. program pelatihan dirancang untuk dapat memberikan pemahaman tentang kondisi UMKM indonesia saat ini, pemasaran UMKM, pengelolaan SDM UMKM, dan pengelolaan keuangan UMKM.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 07 Apr 2017 01:41
Last Modified: 07 Apr 2017 01:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item