“ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI KRIMINALITAS AKIBAT KELUARGA YANG KURANG HARMONIS DALAM GAME GRAND THEFT AUTO V”

Alexander, Ricky (2017) “ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI KRIMINALITAS AKIBAT KELUARGA YANG KURANG HARMONIS DALAM GAME GRAND THEFT AUTO V”. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh storyline GTA V yang menggunakan stereotip bahwa pelaku kriminal selalu muncul dari keluarga yang berantakan, kebanyakan tokoh-tokoh penting dalam GTA V memiliki masa kecil yang sulit dan itu menjadi alasan bagi mereka menjadi seorang kriminal, nyatanya, tidak selalu pelaku kriminal berasal dari keluarga yang berantakan seperti yang digambarkan. Peneliti menganalisis dengan menggunakan teori komunikasi massa, stereotip, kriminalitas, dan aspek keluarga yang harmonis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika Charles Sanders Peirce, dengan menganalisis tanda, objek, dan interpretan yang memiliki nilai-nilai kriminalitas akibat keluarga yang kurang harmonis dalam game tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai-nilai pesan dalam cutscene GTA V mengandung stereotip kriminalitas akibat keluarga yang kurang harmonis untuk menyederhanakan alasan kompleks para tokoh untuk menjadi seorang kriminal, bahkan kejahatan itu sendiri berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Peneliti menginterpretasikan bahwa GTA V ingin menyampaikan pentingnya keluarga dalam menekan kriminalitas melalui adegan-adegan tersebut. Kata Kunci: Analisis Semiotika, Stereotip, Representasi, GTA V, Kriminalitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 21 Dec 2021 04:30
Last Modified: 21 Dec 2021 04:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33208

Actions (login required)

View Item View Item