CYNTHIA, REVI (2017) AKULTURASI BUDAYA MAKANAN CEPAT SAJI MULTIKULTURAL DALAM MERAIH PASAR LOKAL (ANALISIS SEMIOTIKA OLEH ROLAND BARTHES PADA IKLAN CETAK MC DONALD’S). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam menciptakan suatu iklan agar dapat mengenai target sasaran produk tertentu, perlu untuk dipertimbangkan mengenai apa saja yang dibutuhkan oleh target pasar. Sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan asing yang saat memasuki negara lain, menyesuaikan dengan budaya yang berlaku dan mempromosikan produknya dengan menggunakan simbol-simbol yang berlaku pada negara tersebut. Salah satunya Mc Donald’s yang menggunakan simbol-simbol yang berlaku di Indonesia agar iklan lebih mudah sampai ke benak konsumen. Penelitian ini menggunakan metode semiotika oleh Roland Barthes. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menganalisis tanda-tanda yang ada pada iklan cetak produk Mc Donald’s Indonesia serta mewawancarai seorang ahli semiotika untuk mendukung argumen penulis dan dituangkan dalam rangkaian kalimat deskripsi. Penelitian ini menemukan bahwa pada iklan Mc Donald’s Indonesia khususnya burger sate, burger balado, dan es krim rasa rujak pedas dan markisa menggunakan berbagai ornamen yang biasa ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Adanya ornamen tersebut dimaksudkan agar target sasaran lebih mudah memahami makna dari iklan Mc Donald’s dan menyesuaikan dengan kebiasaan yang berlaku di Indonesia. Kata kunci: Akulturasi Budaya, Iklan Cetak, Semiotika, Roland Barthes, Target Sasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 05:41 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 05:41 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |