“HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI IBU SINGLE PARENT DENGAN KEPRIBADIAN REMAJA (KELOMPOK TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MODERASI)”

EVELYN, EVELYN (2016) “HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI IBU SINGLE PARENT DENGAN KEPRIBADIAN REMAJA (KELOMPOK TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MODERASI)”. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyaknya anggapan negatif dari lingkungan dan juga beban materi serta kesibukan yang harus ditanggung oleh ibu single parent membuatnya kekurangan waktu untuk melakukan komunikasi antarpribadi dengan anak. Selain itu, anak remaja dari ibu single parent sering diidentifikasikan memiliki kepribadian yang kurang percaya diri, minder dan menarik diri yang sesuai dengan tipe melancholic dan choleric. Kelompok teman sebaya (peer group) dan penggunaan media sosial yang merupakan salah satu lingkungan yang dekat dengan anak remaja juga dapat menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kepribadiannya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi antarpribadi ibu single parent dengan kepribadian remaja dan kelompok teman sebaya (peer group) serta penggunaan media sosial sebagai moderasi. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antarpribadi, Joseph A.Devito. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada para responden yaitu 100 orang anak remaja yang berdomisili di wilayah Jakarta Barat dan merupakan anak dari ibu single parent. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh ibu single parent dengan kepribadian remaja yang sesuai dengan tipologi kepribadian choleric dan melancholic. Selain itu, variabel kelompok teman sebaya (peer group) mampu memoderasi hubungan antara komunikasi antarpribadi ibu single parent dan kepribadian remaja sedangkan variabel penggunaan media sosial tidak dapat memoderasi hubungan antara keduanya. Kata kunci: Komunikasi Antarpribadi, Single Parent, Kepribadian Remaja, Peer Group, Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:39
Last Modified: 23 Dec 2021 02:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33220

Actions (login required)

View Item View Item