Pengaruh Pengalaman Masa Lalu, Perilaku Pencarian Informasi di Jejaring Umum, dan Persepsi Risiko Terhadap Intensi Berkunjung Kembali pada Sebuah Destinasi Wisata

Tunjungsari, Hetty Karunia and Setiawan, Tommy (2013) Pengaruh Pengalaman Masa Lalu, Perilaku Pencarian Informasi di Jejaring Umum, dan Persepsi Risiko Terhadap Intensi Berkunjung Kembali pada Sebuah Destinasi Wisata. Karya Ilmiah Dosen.

[img] Text
2338-5067-1-SM.pdf - Published Version

Download (73kB)

Abstract

Penelitian mengenai intensi wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata tertentu telahbanyak dilakukan. Namun demikian, semakin meningkatnya kebutuhan unik yang harusdipahami untuk dapat terus menarik kunjungan wisatawan membuka peluang untuk terusmengeksplorasi topik ini dari berbagai sisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanyapengaruh pengalaman masa lalu, perilaku pencarian informasi di jejaring umum, dan persepsirisiko terhadap intensi berkunjung kembali pada destinasi wisata. Pengumpulan datadilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 100 wisatawan yang berasal dari berbagaikota di dalam negeri yang mengunjungi destinasi wisata Kota Tua pada bulan Desembertahun 2012. Dengan menggunakan metode regresi berganda untuk melakukan analisis data,diperoleh hasil bahwa tiga dari empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdukungoleh data. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengalaman masalalu, perilaku pencarian informasi di jejaring umum, dan persepsi risiko terhadap intensiberkunjung, khususnya di destinasi wisata Kota Tua. Implikasi dari penelitian ini secarateoritis dapat memperkuat penelitian-penelitian terdahulu yang membahas berbagai faktorpendorong intensi wisatawan untuk mengunjungi suatu destinasi wisata. Secara praktis, hasilpenelitian ini dapat menjadi masukan bagi para pelaku usaha serta penyusun kebijakan dibidang pariwisata sebagai upaya meningkatkan intensi berkunjung wisatawan.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 07 Apr 2017 01:45
Last Modified: 07 Apr 2017 01:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item