PENGARUH CAPITAL TURNOVER, FINANCIAL LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017

ERAWAN, DANNY (2019) PENGARUH CAPITAL TURNOVER, FINANCIAL LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara Fakultas Ekonomi.

[img] Text
Danny Erawan 125150282 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perataan laba adalah cara yang digunakan manajemen untuk mengurangi dan memperkecil adanya suatu fluktuasi laba yang dilaporkan sesuai dengan pencapaian target yang diinginkan baik melalui metode akuntansi maupun transaksi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis seberapa besar adanya pengaruh capital turnover, financial leverage, dan profitabilitas terhadap perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode penelitian tahun 2015-2017, berjumlah 156 perusahaan. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling berjumlah 64 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diolah dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Soluitons) for windows 25.00. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel financial leverage memiliki pengaruh terhadap perataan laba, sedangkan capital turnover dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap perataan laba Kata Kunci : Capital Turnover, Financial Leverage, Profitabilitas, dan Perataan Laba Income smoothing is a method used by management to reduce and minimize the fluctuations in reported earnings in accordance with the achievement of desired targets through both accounting and transaction methods. The purpose of the study was to analyze how much influence the capital turnover, financial leverage, and profitability on income smoothing on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the research period of 2015-2017, totaling 156 companies. Samples were selected using a purposive sampling method totaling 64 companies. The data collection technique used in this study is secondary data that is processed using the SPSS program (Statistical Product and Service Soluitons) for windows 25.00. The analysis used in this study is logistic regression analysis. The results of this study indicate that financial leverage variables have an influence on income smoothing, while capital turnover and profitability do not affect income smoothing Keyword : Capital Turnover, Financial Leverage, Profitability, and Income Smoothing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 29 Dec 2021 09:30
Last Modified: 29 Dec 2021 09:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33304

Actions (login required)

View Item View Item