PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012 – 2017

OCTAVIA, JEANY (2019) PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012 – 2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara Fakultas Ekonomi.

[img] Text
Jeany Octavia 125150477 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti yang empiris mengenai pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan tingkat inflasi sebagai variabel moderasi pada perusahaan industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012 – 2017. Penelitian ini menggunakan 33 sampel perusahaan industri barang konsumsi yang telah diseleksi melalui metode purposive sampling selama enam tahun. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa informasi dari laporan keuangan serta laporan tahunan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas profitabilitas dan struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sementara likuiditas berpengaruh negatif dan inflasi memperlemah hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Saran yang dapat dianjurkan untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan variabel independen atau variabel moderasi lainnya, seperti ukuran perusahaan atau tingkat suku bunga. Kata kunci: nilai perusahaan, profitabilitas, struktur modal, likuiditas, tingkat inflasi. The purpose of this study is to obtain empirical evidence about the effect of profitability, capital structure, and liquidity on the value of the company with the inflation rate as a moderating variable in consumer goods industry companies in the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period 2012 - 2017. This study used 33 samples consumer goods industry companies that have been selected through a purposive sampling method for six years. The data used is secondary data in the form of information from financial statements and annual reports. This research data was processed using Eviews 9.0. The results showed that the profitability of profitability and capital structure had a positive effect on firm value, while liquidity had a negative effect and inflation weakened the relationship of profitability to firm value. Suggestions that can be recommended for further research are using independent variables or other moderating variables, such as company size or interest rate. Keywords: firm value, profitability, capital structure, likuidity, inflation rate.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jan 2022 05:27
Last Modified: 05 Jan 2022 05:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33383

Actions (login required)

View Item View Item