FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2017

REVIANI, MONICA MELVI (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara Fakultas Ekonomi.

[img] Text
Monica Melvi Reviani 125140509 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas yang diukur dengan Return On Asset (ROA), Ukuran Perusahaan (Size), Pertumbuhan Perusahaan yang diukur dengan Asset Growth, dan Leverage Perusahaan yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Nilai Perusahaan yang diukur dengan Price to Book Value (PBV), secara simultan maupun secara parsial. Pada penelitian ini menggunakan 65 data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 dengan metode pemilihan purposive sampling. Data penelitian diolah menggunakan program EViews 9.0. Secara parsial, profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dan leverage perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage Perusahaan, Nilai Perusahaan. This research aims to examine the effect of profitability which is measured by Return On Asset (ROA), company size, company growth which is measured by asset growth, and leverage which is measured by Debt to Equity Ratio (DER) to the firm value which is measured by Price to Book Value (PBV), simultaneously and partially. This research used 15 manufacturing companies that listed Indonesian Stock Exchange in the period of 2015-2017 with purposive sampling method. The research data has been processed by using Eviews 9.0. Partially, profitability has a positive and not significant influence to the firm value, company size has a a positive and not significant influence to the firm value, company growth has a a positive and not significant influence to the firm value, and leverage has a positive and not significant influence to the firm value. Keywords: Profitability, Company Size, Company Growth, Leverage, Firm Value

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jan 2022 14:01
Last Modified: 05 Jan 2022 14:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33436

Actions (login required)

View Item View Item