REPRESENTASI MULTIKULTURALISME DALAM FILM DISNEY (ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI MULTIKULTURALISME DALAM FILM ZOOTOPIA)

VANIA, NATASHIA (2017) REPRESENTASI MULTIKULTURALISME DALAM FILM DISNEY (ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI MULTIKULTURALISME DALAM FILM ZOOTOPIA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur budaya multikulturalisme yang ada dalam film Zootopia, yang nampak secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai sekelompok manusia yang tinggal dan hidup menetap di suatu tempat pasti memiliki kebudayaan dan ciri khas tersendiri yang mampu membedakan antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lain, hal ini disebut sebagai multikultural. Namun mempertahankan kerukunan dan kesejahteraan dalam masyarakat multikulturalisme tidaklah mudah, banyak hambatan yang ada dalam masyarakat, antara lain stereotip, persepsi, rasisme, dan etnosentrisme, hambatan-hambatan ini cendereung memicu konflik. Dalam film Zootopia sendiri menceritakan bagaimana seekor kelinci bernama Judy Hoops menghadapi hambatan-hambatan multiulturalisme tersebut karena ingin mempuerjuangkan impiannya, yang ternyata juga mengalami hambatan dari multikultural yaitu stereotip yang ditanamkan pada Judy juga kelompok kelompok hewan lainnya. Teori utama yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teori Multikulturalisme Budaya. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Kata kunci: Zootopia, Multikulturalisme, Budaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:56
Last Modified: 06 Jan 2022 02:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33440

Actions (login required)

View Item View Item