ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PERAN GANDA PEREMPUAN DALAM IKLAN GOJEK #HIDUPTANPABATAS ANDIEN

OCTAVIANTO, ENDY (2017) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PERAN GANDA PEREMPUAN DALAM IKLAN GOJEK #HIDUPTANPABATAS ANDIEN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang makna peran ganda perempuan yang terkandung dalam iklan GO-JEK #HidupTanpaBatas Andien. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi (Cangara, 2011), teori periklanan (Noviani, 2002), teori peran (Sarwono, 2002) dan teori peran ganda perempuan (Denrich Suryadi, 2004). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Charles Sander Peirce. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran ganda perempuan adalah seseorang yang menjalankan dua peran atau lebih secara bersamaan ataupun terpisah. Seseorang yang menjalankan peran ganda fokusnya akan terbagi dan terpaksa harus memilih peran mana yang harus diabaikan agar peran lain menjadi lebih maksimal. Iklan GO-JEK #HidupTanpaBatas Andien mencoba untuk menyampaikan bahwa seseorang yang melakukan peran ganda tidak bisa melakukan peran-peran tersebut dengan baik, tanpa adanya dukungan dari orang lain. Kata Kunci: Makna Peran Ganda Perempuan, Semiotika, Iklan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:30
Last Modified: 06 Jan 2022 04:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33449

Actions (login required)

View Item View Item