KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MASYARAKAT KETURUNAN TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KETURUNAN TIONGHOA YANG TINGGAL DI DESA SAWANGAN, CILACAP)

RELIANA, TANIA (2017) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MASYARAKAT KETURUNAN TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT JAWA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KETURUNAN TIONGHOA YANG TINGGAL DI DESA SAWANGAN, CILACAP). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui komunikasi antarbudaya yang terjadi antara masyarakat keturunan Tionghoa dengan masyarakat Jawa di Desa Sawangan, Cilacap. Komunikasi antarbudaya ditinjau dari segi nilai sosial, serta karakteristik budaya dalam lingkungan masyarakat desa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus terhadap masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di Desa Sawangan, Cilacap. Penelitian menggunakan wawancara mendalam dengan masyarakat keturunan Tionghoa dan pribumi. Setelah itu, melakukan pemerhatian dan analisis kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Analisis data ditulis dalam bentuk naratif induktif. Hasil penelitian terpenting dalam penelitian ini ialah interaksi komunikasi antarbudaya yang semakin sering dilakukan dalam waktu yang lama dapat mengubah nilai-nilai budaya dan pandangan masyarakat keturunan Tionghoa dengan masyarakat Jawa di Desa Sawangan, Cilacap. Dengan demikian hal tersebut mendorong perilaku berkehidupan yang lebih positif dan mengurangi ketegangan antarbudaya di masyarakat desa tersebut. Kata Kunci: Komunikasi antarbudaya, Tionghoa Jawa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:09
Last Modified: 06 Jan 2022 06:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33464

Actions (login required)

View Item View Item