REPRESENTASI IDENTITAS DALAM FILM KARYA DISNEY DAN PIXAR (ANALISIS SEMIOTIK REPRESENTASI IDENTITAS DALAM FILM ANIMASI INSIDE OUT)

CHANIAGO, AILEEN ZENETA (2017) REPRESENTASI IDENTITAS DALAM FILM KARYA DISNEY DAN PIXAR (ANALISIS SEMIOTIK REPRESENTASI IDENTITAS DALAM FILM ANIMASI INSIDE OUT). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Analisis Representasi Identitas dalam film animasi Inside Out. Unit yang diteliti adalah bentuk representasi identitas yang ada didalam film Inside Out tersebut yang terdiri dari bentuk representasi identitas gender seorang perempuan, laki-laki, dan bentuk representasi identitas seorang LGBT yaitu Transgender dan Biseksual. Film tersebut memiliki beberapa macam scene yang menampilkan hal-hal mengenai bentuk representasi identitas yang ingin diteliti oleh penulis. Dalam studi pustaka ini penulis menggunakan teori representasi, identitas, dan gender. Penulis menggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce sebagai bahan untuk meneliti film Inside Out. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan tabel, gambar, dan keterangan sebagai penjelasan. Hasil analisis dari film dengan rating Semua Umur ini terdapat bentuk-bentuk gender LGBT yang tidak tepat sasaran untuk dikonsumsi oleh anak-anak di Indonesia. Kata kunci: Inside Out, Representasi, Identitas, Gender, LGBT, Transgender, Biseksual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:16
Last Modified: 06 Jan 2022 06:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33466

Actions (login required)

View Item View Item