: Tanggung jawab Pt Bank Mandiri terhadap pencantuman informasi yang menyesatkan pada mesin atm yang menimbulkan kerugian bagi konsumen : studi kasus putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 266/K/Pdt.Sus-BPSK/2014 / Sinta Cloudia

Cloudia,, Sinta (2016) : Tanggung jawab Pt Bank Mandiri terhadap pencantuman informasi yang menyesatkan pada mesin atm yang menimbulkan kerugian bagi konsumen : studi kasus putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 266/K/Pdt.Sus-BPSK/2014 / Sinta Cloudia. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri. Dimanamanusia membutuhkan suatu barang atau jasa.Konsumen adalah mereka yang membutuhkan barang atau jasa dan mereka yang menyediakan kebutuhan konsumen tersebut disebut pelaku usaha. Konsumen dan pelaku usaha dalam hubungannya memiliki hak dan kewajiban yang saling timbal balik yang diatur dalam UUPK. Oleh karena itu dalam perjalanannya hak dan kewajiban diantara keduanya harus berjalan seimbang. Namun tak jarang terjadi kepincangan dan pada akhirnya menimbulkan kerugian pada konsumen, namun hal tersebut tidak mutlak merupakan kesalahan pelaku usaha sepenuhnya. Dalam analisis ini, penulis menyimpulkan bahwa tidak selamanya pelaku usaha bertanggung jawab atas kerugian yang diderita konsumen. Karena dalam UUPK tidak hanya konsumen yang dilindungi melainkan pelaku usaha dilindungi atas tindakan konsumen yang lalai sebagaimana dalam kasus ini konsumen bernama Evie dengan memberikan nomor PIN ATM nya dan juga menelponcallcenter fiktif bukan nomor callcenter resmi Bank Mandiri dan pada akhirnya menderita kerugian uang sejumlah Rp 76.800.000,00 (tujuh puluh enam juta delapan ratus ribu rupiah) yang dilakukan dengan jenis transaksi sah. Atas tindakan tersebut maka kerugian konsumen tersebut adalah diluar tanggung jawab Bank Mandiri, karena perihal nomor PIN adalah bersifat pribadi. Saran dari penulis adalah kepada konsumen agar selalu menjaga dengan benar dan tidak memberitahukan nomor PIN ATM kepada pihak lain, karena PIN hanya diketahui oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab pelaku usaha.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:47
Last Modified: 06 Jul 2018 03:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item