FASHION SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM MENUNJUKKAN IDENTITAS DIRI

WYNNIE, WYNNIE (2017) FASHION SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM MENUNJUKKAN IDENTITAS DIRI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya pergeseran makna dari fungsi sebuah fashion atau pakaian. Fungsi awal dari pakaian adalah untuk melindungi tubuh manusia dari cuaca dan juga sebagai penutup tubuh manusia. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi pakaian bergeser menjadi penunjuk identitas diri seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis fungsi fashion sebagai alat komunkasi nonverbal dalam menunjukkan identitas diri seseorang. Jenis penelitian v yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika Roland Barthes, penelitian ini hanya menjelaskan warna, pola, dan motif pada pakaian berdasarkan denotasi dan konotasinya, yang terlihat pada objek penelitian atau foto. Hasil penelitian menemukan bahwa pakaian yang juga merupakan fashion merupakan salah satu alat penanda, pembeda antara yang satu dengan yang lain atau disingkat menjadi identitas diri seseorang. Setiap fashion memiliki makna tersirat dilihat dari denotasi dan konotasinya. Kata Kunci: Fashion, Komunikasi Non Verbal, Instagram, Semiotik, Identitas Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:13
Last Modified: 11 Jan 2022 03:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33549

Actions (login required)

View Item View Item