ANALISIS WACANA TERHADAP OPINI MEDIA DI INDONESIA MENGENAI KOMUNIASI PRESIDEN FILIPINA RODRIGO DUTERTE (STUDI TENTANG PERNYATAAN DUTERTE KEPADA OBAMA DALAM PIDATO YANG DIMUAT DI KOMPAS.COM DAN MEDIAINDONESIA.COM)

CHRISTIANA, ANDREA (2017) ANALISIS WACANA TERHADAP OPINI MEDIA DI INDONESIA MENGENAI KOMUNIASI PRESIDEN FILIPINA RODRIGO DUTERTE (STUDI TENTANG PERNYATAAN DUTERTE KEPADA OBAMA DALAM PIDATO YANG DIMUAT DI KOMPAS.COM DAN MEDIAINDONESIA.COM). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis wacana terhadap opini media yang ada di Indonesia mengenai pemberitaan Rodrigo Duterte sebagai Presiden Filipina yang terpilih di tahun 2016 ini. Landasan teori yang dipakai dalam penelitian in adalah teori analisis wacana Van Dijk (Sobur, 2009) dan teori komunikasi politik (Cangara, 2011). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penulis mengumpulkan data berupa dua berita presiden Filipina Rodrigo Duterte yang mengungkapkan kemarahannya kepada Presiden AS Barrack Obama dengan mengumpatnya dengan kata-kata “Go to Hell, Obama”. Kedua berita tersebut diambil dari media online Kompas.com dan MediaIndonesia.com. Seluruh pemberitaan ini selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis wacana Teun Van Dijk. Hasil analisis wacana ini menemukan bahwa kedua media online Kompas.com dan MediaIndonesia.com memiliki opini yang relatif netral terhadap pemberitaan Duterte dan Obama tersebut. Namun terdapat perbedaan dalam pemilihan kata-kata yang menghasilkan makna berbeda dari kedua media online tersebut. Kata Kunci : Rodrigo Duterte, Barrack Obama, Presiden Filipina 2016, analisis wacana Van Dijk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:38
Last Modified: 11 Jan 2022 06:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33561

Actions (login required)

View Item View Item