PARDOMUAN M.H., CLINTON (2017) KAMPANYE KOMUNIKASI WWF INDONESIA DALAM MELESTARIKAN POPULASI HEWAN DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Full text not available from this repository.Abstract
Penurunan angka populasi hewan yang dilindungi di Indonesia semakin meningkat. Perburuan liar, kurangnya kepedulian serta komunikasi kepada masyarakat akan nasib spesies hewan tersebut menjadi masalah yang harus diselesaikan. Penelitian ini membahas tentang kampanye komunikasi WWF Indonesia dengan masyarakat dalam melestarikan populasi hewan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi, unsur komunikasi, fungsi komunikasi, tujuan komunikasi, tatanan komunikasi, kampanye, perancangan kampanye, tujuan kampanye, fungsi kampanye, jenis kampanye, dan metode kampanye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dengan dua narasumber dari WWF Indonesia. Data sekunder berasal dari buku dan sumber lain seperti foto serta online. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kajian pustaka, dan penelusuran data secara online. Kesimpulan dari penelitian ini, WWF Indonesia menjalankan kampanye jenis Ideological or Cause Orientated Campaign dengan teknik partisipasi, integratif, penataan patung es, dan memperoleh empati serta bentuk komunikasi yang berbeda pada setiap kegiatan, untuk menarik perhatian dari masyarakat seperti komunitas atau kelompok, media elektronik, event, dan lagu. Kata Kunci: Kampanye komunikasi, pelestarian, populasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:11 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:11 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |