PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KINERJA KEUANGAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN

Prihatin, Nia (2017) PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KINERJA KEUANGAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
125130071 Nia Prihatin Abstrak.pdf

Download (33kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal suatu perusahaan. Variabel dependennya yaitu struktur modal (DER), sedangkan variable independennya yaitu keputusan investasi (PER), kepemilikan institusional (KI), kinerja keuangan yang diukur dengan profitabilitas (ROA) dan likuiditas (CR), pertumbuhan penjualan (SG) dan struktur aktiva (SA). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2013-2015. Metode pengumpulan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh yaitu 60 perusahaan dan dalam pengujian normalitas mengalami penghilangan outlier sebanyak 24 perusahaan, maka sampel yang digunakan 36 perusahaan. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows version.21.0. Hasil yang diperoleh dari uji F bahwa keputusan investasi (PER), kepemilikan institusional (KI), profitabilitas (ROA), likuiditas (CR), pertumbuhan penjualan (SG) struktur aktiva (SA) berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal (DER). Dari uji T diperoleh hasil bahwa keputusan investasi (PER), profitabilitas (ROA), likuiditas (CR), pertumbuhan penjualan (SG) struktur aktiva (SA) berpengaruh secara signifikan terhadapstruktur modal (DER) sedangkan kepemilikan institusional (KI) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal (DER). Kata kunci: struktur modal, keputusan investasi, kepemilikan institusional, profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:52
Last Modified: 24 Jan 2022 03:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33695

Actions (login required)

View Item View Item