ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENCALONAN KEMBALI “AHOK” SEBAGAI GUBERNUR DKI JAKARTA PERIODE 2017-2022 DI MEDIA ONLINE DETIK.COM DAN MEDIAINDONESIA.COM PADA MARET 2016

FRANSISCA, OCTAVIANIE (2016) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENCALONAN KEMBALI “AHOK” SEBAGAI GUBERNUR DKI JAKARTA PERIODE 2017-2022 DI MEDIA ONLINE DETIK.COM DAN MEDIAINDONESIA.COM PADA MARET 2016. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keputusan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 melalui jalur independen menuai kontroversi. Banyak media baik eletronik, cetak maupun online yang memberitakannya. Media-media tersebut tentu saja memiliki pandangan berbeda-beda dan cara penyampaian berbeda pula. Media online Detik.com dan Mediaindonesia.com dipilih karena sering kali terlihat berbeda pendapat dan memiliki cara penyampaian yang bertentangan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing dengan model dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 1-31 Maret 2016. Dari hasil penelitian, Mediaindonesia.com memilih “aktor” dalam beritanya yang cenderung dan secara terang-terangan mengatakan mendukung Ahok, isi beritanya juga konsisten mendukung Ahok. Sedangkan Detik.com memilih menunjukkan sedikit sikap netral kalau bukan menentang sikap Ahok. Kata Kunci: Framing, Berita, MediaIndonesia.com. Detik.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2022 05:32
Last Modified: 28 Jan 2022 05:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33798

Actions (login required)

View Item View Item