Pengaruh Kapsul Ekstrak Daun Carica papaya L. Terhadap Jumlah Trombosit dan Kadar Hematokrit Pasien Demam Dengue di RS X, Tahun 2012

Yunita, Fenny (2012) Pengaruh Kapsul Ekstrak Daun Carica papaya L. Terhadap Jumlah Trombosit dan Kadar Hematokrit Pasien Demam Dengue di RS X, Tahun 2012. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Tesis_Fenny Yunita.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia tercatat sebagai negara dengan kasus demam berdarah dengue tertinggi di Asia Tenggara. Jumlah penderita dan luas daerah penyebarannya semakin bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk. Carica papaya L. yang temasuk dalam suku Caricaceae adalah tanaman yang dibudidayakan secara luas di Indonesia dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagian daun diyakini dapat meningkatkan jumlah trombosit dan bermanfaat bagi pasien demam dengue, namun bukti-bukti ilmiah masih sedikit. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh kapsul ekstrak daun C. papaya bagi pasien demam dengue. Penelitian menggunakan desain Experimental Randomized Clinical Trial, dengan sampel berjumlah 80 subyek yang dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 40 subyek, terdiri atas kelompok kontrol dan perlakuan (mendapat kapsul ekstrak daun C. papaya 3 kali 2 kapsul sehari). Hasil penelitian menunjukkan kapsul ekstrak daun C. papaya dapat meningkatkan jumlah trombosit (p value = 0,0001), mempertahankan stabilitas hematokrit pada nilai normal, mempersingkat masa rawat inap (p value = 0,0001) pasien dengue, serta mempercepat peningkatan jumlah trombosit dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Erik Wijaya
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:28
Last Modified: 31 Jan 2022 04:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33806

Actions (login required)

View Item View Item