FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK (Survei pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas di Jakarta)

CAHYADI, HADI (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK (Survei pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas di Jakarta). Karya Ilmiah Dosen, 5 (1). pp. 32-44. ISSN 2085-3106

[img] Text
2469-5323-1-SM.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah menguji dan menganalisis apakah lama hubungan audit, ukuran KAP, persaingan antar KAP, hubungan sosial aengan klien, pelaksanaan jasa non audit terhadap klien, dan audit fee dapat mempengaruhi independensi akuntanpublik baik secara parsial maupun secara simultan pada mahasiswa jurusan S1 Akuntansi. Data diperoleh dari kuesioner yang diberikan pada sampel yang telah ditetapkan olehpenulis. Pemilihan sampel berdasarkan purposive sampling dengan kriteria mahasiswa yang sudah atau sedang menempuh mata kuliah Pemeriksaan Akuntan (Auditing) II pada periode penelitian. Model penelitian yang menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama hubungan audit dengan klien, besarnya ukuran KAP, persaingan antar KAP, hubungan sosial dengan klien, pelaksanaan jasa non audit, danaudit fee secara simultan berpengaruh signifikan terhadap independensi akuntan publik, tetapi secara parsial hanya besarnya ukuran KAP, persaingan antar KAP, hubungan sosialdengan klien, dan audit fee saja yang secara signifikan dapat mempengaruhi independensi akuntan publik, sedangkan lama hubungan audit dengan klien dan pelaksanaan jasa nonaudit terhadap klien tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap independensi akuntan publik.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:51
Last Modified: 07 Apr 2017 06:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item